Minggu, 15 Mei 2016

Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur



18. Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

Nama Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur di Desa Burung Mandi rupanya sudah sangat tersohor sejak lama, sehingga entah dari mana asal mulanya saya tahu tentang vihara ini, sehingga menjadi salah satu target dalam kunjungan saya ke Belitung Timur. Vihara ini merupakan salah satu tempat ibadah warga Tionghoa yang paling tua di Belitung Timur.

Jika bukan karena jasa Kho Ping Hoo, Gan KL, SD Liong, dan penulis-penulis cerita silat Cina lainnya yang banyak saya lahap sejak dari masih kecil, mungkin ketertarikan saya pada kelenteng atau vihara tidak sampai sebesar sekarang ini. Begitulah, dahulu bacaan merupakan bahan pengisi waktu yang belum sebanyak sekarang ini jumlah pesaingnya.
Lokasi Vihara Dewi Kwan Im berada di sisi Timur Pulau Belitung, langsung menghadap ke Pulau Kalimantan yang berjarak sekitar 200 km, dan Laut Jawa. Sedangkan jarak dari Kelenteng Damar sekitar 7 km. Memasuki area parkir Vihara Dewi Kwan Im yang luas, saya bisa langsung melihat bangunan vihara yang berada di atas perbukitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar