Minggu, 15 Mei 2016

Air panas desa nyelanding



75. Air panasdesanyelanding
DesaNyelandingterkenalsebagailokasipemandian air panasalamsertasalahsatusentrapenghasilladaputih di Kepulauan Bangka Belitung. Terletak di Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, desainiberjaraksekitar 100 KM dari Bandar udaraDepati Amir Pangkalpinangdandapatdiaksesdenganbaikdengankendaraanrodaempat.
MasyarakatDesaNyelandingsehari-hariberbicaradenganvarianbahasaMelayulokal yang banyakdigunakan di wilayah Bangka Selatan. Masyarakatterutamahidupsebagaipetaniperkebunanlada yang dikelolaperorangan. Selainitu, terdapatperkebunansawit yang jugakebanyakandikelolaperorangan. MasyarakatDesaNyelandingjugaada yang hidupdarimenambangtimah.
Di DesaNyelandingterdapatsumbermata air panas yang terbagidalambeberapakolampemandiandenganderajatpanas yang berbedabeda. Di area pemandian air panasiniterdapatsebuahsumur air panas yang menjadisumber air minumwarga. Biasanya, wargatidaklagimemasak air yang diambildarisumurtersebut. Sampaisaatini, semua orang dapatmemanfaatkan air darisumursertamandi di sanatanpamembayar. Sumbermatairpanasiniletaknyatidakjauhdaripasardesa yang hanyabukapadaharipekan, yaituhariJum'at. Padaharipekantersebut, warga yang tinggaljauh di kebunakanpulangkekampungkarenabagilaki-lakipadahariitumerekaharusmelaksanakanShalatJum'at. Di sekitar area pemandian, terdapatsebuahsirkuit yang biasadigunakanuntukperlombaanketangkasansepeda motor, yang disebutSirkuit Air PanasNyelanding. Setiaptahun, digelar acara balapsepeda motor di sini. Di DesaNyelanding, dapatdijumpaibanyakkebunlada yang dikelolamasyarakatsetempat. Selainitu, karena di sekitardesamasihterdapathutan yang cukupbaik, masyarakatjugamengambilmaduliar untuk di jual. Kadang-kadang, orang Nyelandingjugabisamendapatkanmadupelawan yang rasanyapahitdansangatberkhasiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar