Minggu, 15 Mei 2016

Pantai sumur tujuh



64. Pantaisumurtujuh
PantaiSumurTujuhmerupakanpantai yang banyakdikunjungimasyarakatkhususnyamuda- mudi. Selainjaraknyadekatdengan Kota KobaIbukota Bangka Tengah sekitar 2 KM, jugapemandanganindahdenganpasirputih, danterdapat 7 buahsumurpeninggalanBelanda.
Pulaubangkamerupakansalahsatudaripropinsikepulauan di indonesia. YaituPropinsikepulauan Bangka Belitung yang terdiridari 2 pulauutamayaitu Bangka dan Belitung. Serta disekitarnyajugabanyakpulau-pulaukecillainnya. Mayoritaspulaunyaberpasirputihdanmasihbanyak yang alami alias belumtersentuh.
Salah satunyapantaiSumurTujuh yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, tepatnyasekitar 5 km dariKoba yang menjadiibukotaKab. Bangka Tengah. Letaknya yang tidakjauhdaripemukimanmembuatnyamenjadisalahsatupantaifavorittujuanrekreasiwargasekitarKobadanbeberapadaerah lain.
Di pantaiSumurTujuhjugaterdapatbendabersejarah yang termasukpeninggalanjamanjepang. Yaitutujuhbuahsumur yang berdiameter 2 meter, kononsumuritudijadikantempatuntukmenampung air lautmelaluilubangdidalamnya yang mengarahkelautdandijadikanjugasebagaitempatpembuatangaram. Prosesnyabuatnyagimana, jugatidakjelas.

Teksturpantai yang landaidanberpasirputihdilokasitersebutmembuatbetahsiapapun yang melancongkepantaiSumurTujuh. Seringjugadigunakanwargauntuk "mukat" ataumenjaringikandenganjaring yang biasadigunakan para nelayan.
Ikannya ?tentudibakarditepipantaidandinikmatibersama. Sayangpemerintahdaerahbelum optimal dalammengelolapantaitersebut, dantampaksepertibiasasajawalaupunterpendampotensiuntukpeningkatan PAD danasetwisatadaerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar