Minggu, 15 Mei 2016

KelentengDewi Sin Mu, peninggalansejarah masa lampau



40. KelentengDewi Sin Mu, peninggalansejarah masa lampau


KlentengDewi Sin Mu terletak di Kota Toboali, berjaraksekitar 15 Menitdaripusatkota. KlentengDewi Sin Mu merupakansalahsatupeninggalansejarah masa lampau. Klentenginitelahberdirisekitartahun 1860-an. Hal inidapat di lihatdariangkatahun yang tertulispadalonceng yang terdapat di dalambangunanKlentengtersebut.
KlentengDewi Sin Mu terletak di sebelahTimurLautbekasrumahtinggalAssistenResidendanberdenahpesegipanjang. BangunanKlentengDewi Sin Mu menghadapkearahbarat. Bangunaniniterdiriatas 5 bagianyaituruangdepen, ruangutama, halamantengah, dapurdankamarmandi. Pintuutamakelentengberada di dindingbaratdandilengkapiolehjendeladisisikiridankanannya. Di ruangdepankelentengterdapat 4 buahtiangsemu. Berdiameter 30cm.
Di sisitimurruangdepanterdapattanggamenujuhalamantengah. Bagianiniberadalebihrendahdariruangan-ruangan lain. Di sisiutaradanselatanhalamantengahterdapatruangan yang berfungsisebagaidapur (sebelahutara) dankamarmandi (sebelahselatan). Ruangutamaterletak di bagiantimurbangunan.
Ruanginimemilikisebuah altar yang merupakantempatarcaDewi Sin Mu. Altar tersebutterletakmenempelpadadindingtimur. Di bagiantengahruangutamajugaterdapatmejapersembahan yang merupakantempatmeletakkanbuah-buahanpersembahan. Di sisibaratruangutamaterdapatlonceng yang berangkatahun 1862. Di bagiandepankelentengterdapatserambi yang memiliki 2 buahtiang yang bergaya Tuscan.
Di sisibaratserambiterdapattangganaik. Tepat di hadapantangganaikterdapatpedupaan. AtapkelentengDewi Sin Mu berupaatappelanadenganbagiankorpus yang melengkung. Didalambangunanklentengjugaterdapatsumur yang anehnyaairnyajernihdantidakseperti di pesisisrpantaipadaumumnya. Hinggasaatinibangunanklentengmasihasli, perubahanhanyapadadasarlantai yang kini di pasangikeramik yang semulaberupa Tanah liatdanpembaruan cat bangunan. KlentenginijugamasihdipergunakanuntukaktivitasibadahmasyarakatTionghoa di Toboali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar