Minggu, 15 Mei 2016

PulauSemujur



52. PulauSemujur
Luas pulauinisekitar 200 m2 bersebelahandenganpulaupanjang
Air laut yang jernihmenambahdayatarik di pulausemujuruntukmenyelammelihatterumbukarang yang mempesona di dasarlaut, pulauinijugadapatmenyalurkanhobibagi yang sukamemancing di sampingkeelokanpemandangan di sekitarpulau yang eksotis, Bagiwisatawan yang inginkesanadapat di tempuhdenganmenggunakan speedboat/perahudenganwaktutempuhKurangLebih 45 menitdaridermagadesakurau. Luas Pulauinikuranglebih 57,11 Ha bersebelahandenganPulauPanjang, di pulauiniadabeberaparumahpenduduk yang mendiamipulauini, dikelilingidenganpohonkelapamenambahindahnyapulauini.
UntukmenujukepulauSemujur yang terletak di KecamatanPangkalanBaruKabupaten Bangka Tengah, kitabisanaikperahunelayan yang terletak di desaKurau yang merupakandesapesisir. Waktu yang dibutuhkanuntuksampaikepulauSemujurdenganperahunelayandengankecepatan 40 knot dapatditempuhdenganwaktupejalananlebihkurang 90 menit. PulauSemujurinimemilikiKepalaKeluarga (KK) sekitar 90 KK. Wisataalam di Pulauinisangatmenarikuntukdijadikandestinasiwisatakarenamemilikikeindahanpesonaalam yang sangatmenarik.
Dengan air laut yang jernihberwarnabirusehinggakitadapatmemandangdenganjelasterumbukarang yang terlihatelok. PemerintahKabupaten Bangka Tengah melaluiDinasKelautandanPerikananKabupaten Bangka Tengah seringmelaksanakan event tahunan di Pulausemujuriniyaknikegiatanlombamemancing. DengankeindahandankeramahanpenduduklokaldiharapkankedepanpulausemujurinidapatmenjadisalahsatutujuanwisataandalanKabupaten Bangka Tengah.
PulauSemujurterletakbersebelahandenganPulauPanjang. Namun, berbedadenganPulauSemujur yang cukupbanyakdihuniolehpenduduk, PulauPanjangmerupakanpulau yang tidakdihuniolehmasyarakat. Ada sekitar 20 pondok yang terdapat di PulauSemujur yang dihuniolehmasyarakatmayoritasbugis yang berasaldariDesaTanjungGunung.
Masyarakat di daerahinimenangkapikandenganmenggunkanperangkap (bubu). Ikanhasiltangkapannyaadalahikankarang. Selainekosistemterumbukarang, dibagianselatanpulauiniditemui pula ekosistemlamun (seagrass) yang didominasiolehjenisThalassia sp. Ekosistemterumbukarang di PulauSemujurdapatdisimpulkandalamkondisi yang cukupbaik (50 -85%).
Ikankarang, tridacnadan biota karangkhaslainnyabanyakditemui di ekosistemterumbukarangPulauSemujur. Karangtepi di PulauSemujurrelatif tipis, namunmemanjangmengelilingipulau. Ekosistemterumbukarang yang terdapatantaraPulauSemujurdanPulauPanjangsangatmenakjubkan. Karangterlihatsangatasri, memikikeanekaragamanjeniskarang yang tinggidan kaya akan biota. Berjaraksekitar 600 meter daritepipantaiPulauSemujur. Tempatinimerupakantempat yang sangatcocokuntukdijadikanlokasisnorkling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar