Minggu, 15 Mei 2016

Pantai Tanjung Kerasak



49. Pantai Tanjung Kerasak

Bagi sebagian besar orang pasti masih asing mendengar nama pantai yang satu ini. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai di Propinsi Bangka Belitung. Pantai Kerasak berada di Desa Pasir Putih, Kabupaten Bangka Selatan dan merupakan objek wisata andalan kabupaten ini. Pantai ini berjarak 30 kilometer dari kota Toboali, ibukota Kabupaten Bangka Selatan yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam saja baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pemandangan di pantai ini benar-benar indah dan masih asri. Pasir pantainya yang putih dengan dihiasi batu - batu yang besar di tepi pantai ditambah lagi air lautnya yang jernih membuat pantai ini layak menjadi tujuan wisata bersama keluarga pada waktu liburan maupun akhir pekan.

Pantai Payak Ubi terletak di Kecamatan Toboali berjarak kurang lebih 1 km dari pusat Kota Toboali, dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantai Batu Perahu, Pantai Batu Perahu terletak dikelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 2 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 20 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua dan empat.
Pantai Tanjung Labu, Pantai Tanjung Labu berjarak lebih kurang 22 Km dari Desa Penutuk yang terletak di Pulau Lepar. Pantai Labu bisa dikunjungi melalui kota Toboali, 130 Km dari kota Pangkalpinang ke arah selatan. Dari kota "Belacan Toboali", perjalanan sepanjang 36 Km lagi dari pelabuhan Sadai. Dari dermaga, tampak sebuah pulau terbentang. Itu lah Pulau Lepar, dermaga pendaratan tujuan terdekat adalah Desa Penutuk. Untuk menyeberang ke Desa Penutuk, dapat menggunakan boat penumpang dengan biaya Rp.5000,- per orang atau menyewa speed boat tradisional dengan biaya Rp.70.000,- untuk 4 orang. Waktu tempuh adalah 15 menit. Untuk pulang-pergi dengan biaya speed boat seharga Rp. 600.000,- Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus, seperti tepung, serta air yang sangat jernih dilengkapi dengan tebaran batu-batu granit yang besar.
Pantai Batu Berdaun, Pantai Batu Berdaun terletak di Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 135 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.
Terumbu Karang Kep. Lepar Pongok, Pantai Pulau Celagen terletak di Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan, lokasi pulau Celagen berdekatan dengan pulau Pongok, berjarak sekitar 500 meter dari pulau Pongok.
Pantai Tanjung Timur terletak di kecamatan Toboali Kabupaten bangka Selatan, lokasi pantai ini dapat ditempuh selama 45 menit perjalanan dari Kota Toboali dengan menggunakan speed boat tradisional rakyat.
Pantai Kumbung, di tempat diadakan Buang Jung merupakan warisan Suku Sawang sejak ratusan tahun silam dan merupakan sesajian laut yang diharapkan mendapat imbalan rezeki hasil laut untuk masyarakat nelayan Suku Sawang.
Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan tradisi Buang Jung. Tradisi Buang Jung diharapkan menjadi potensi wisata budaya dalam melestarikan nilai-nilai luhur budaya masyarakat setempat dan sebagai aset wisata budaya yang harus terus dikembangkan.
Pantai Taman Sebagin, Pantai Taman terletak di Desa Sebagin Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 141 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.
Pantai Tanjung Zibur terletak di Desa Sungai Gusung Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, lokasi pantai ini berjarak sekitar 17 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 45 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.
Pantai Tanjung Bugis terletak di Desa Tanjung Sangkar Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan, lokasi pantai ini dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan darat dan 45 menit perjalanan laut.
Pantai Batu Betumpang terletak di Desa Batu Betumpang Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 135 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama1,5 jam perjalannan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.
Pantai Batu Kodok terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 1 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.
Pantai Batu Ampar terletak di Desa Gusung Kecamatan Toboali berjarak kurang lebih 19 km dari pusat Kota Toboali, dapat ditempuh selama 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar