Minggu, 15 Mei 2016

Kuil Fathin Bukit Betung

78. Kuil Fathin Bukit Betung


Wisata Kuil fathin San Di Bukit Betung Bangka, kuil Fathin San yang lokasinya berada di kawasan Bukit Betung Sungai Liat Kabupaten Bangka. Kuil ini adalah tempat peribadatan umat Budha yang mayoritas pemeluknya adalah warga Tionghoa di pulau ini. Karena letaknya di atas bukit, maka untuk menuju ke sana Anda harus melewati jalan yang mendaki.
Aroma garu yang dibakar mulai tercium di sepanjang anak tangga yang di lalui, tempat ini dihiasi patung budha yang di selimuti doa doa agama budha, tempat ini juga dihiasi oleh goa tempat ibadah yang dialiri oleh mata air alami yang mengalir dari mulut sang naga, konon air tersebut biasa menbuat awet muda.

Di Bukit Betung ini, ada sebuah gua yang dibangun selaras alam. Bagi umat Budha yang berwisata di sana, jika pingin doa bisa, karena ada gua, tempat doa. Suasana alam terasa nyaman, sejuk dan hembusan angin yang segar.
Kawasan hutan rimbun di pinggir Kota Sungailiat  ini, dulunya merupakan tempat menyembunyikan diri dari kejaran kolonial dengan puncak bukitnya menawarkan pemandangan Kota Sungailiat yang sangat indah karena dibawah bukit betung  sendiri merupakan pusat pemerintah kota sungaliat dan pemandangan disekitar bukit betung sangat indah dan menyejukan.
Disini juga sering terlihat burung burung yang berterbangan mengintari kawasan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar