Minggu, 15 Mei 2016

Air Terjun Bukit Maras



72. Air Terjun Bukit Maras

Pulau Bangka merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi wisata menarik yang dapat membuat wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara memilih pulau Bangka sebagai pilihan terbaik disaat liburan. Bangka menurut bahasa sehari-hari masyarakat Bangka mengandung arti “sudah tua” atau “sangat tua”, sehingga pulau Bangka dapat diartikan sebagai “pulau yang sudah tua” (sumber : wikipedia.com).
Walaupun berdasarkan pengertian pulau yang sudah tua, hingga saat ini destinasi wisata yang terdapat di Pulau Bangka sangat diminati baik dari kalangan muda hingga kalangan tua bahkan bisa dikatakan potensi wisata yang ada tidak akan bertambah tua dikarenakan masyarakat yang peduli akan kelestarian alam yang telah diberikan oleh Tuhan terus menjaga dan memberdayakan bagaimana objek wisata bisa menjadi salah satu mata pencaharian.
Dibandingkan dengan pulau tetangganya yaitu pulau Belitung, pulau Bangka sangat terkenal akan wisata kuliner, religi dan sejarahnya. Banyak wisatawan biasanya memilih rute untuk berlibur mengunjungi pulau Belitung akan keindahan pantainya dan dilanjutkan berkunjung ke Pulau Bangka untuk berbelanja oleh-oleh seperti madu pahit pelawan. Bagi Anda yang berlibur di pulau Bangka, ada salah satu objek wisata yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda pencinta wisata alam.
Anda bisa mencoba berkunjung menikmati wisata Air Terjun Bukit Maras dimana pintu masuknya berada di Desa Dalil sekitar 30 menit dari kota Pangkal Pinang. Letaknya yang berada sekitar 3 km dari kawasan hutan Rimba Mambang di Desa Dalil dan untuk sampai di lokasi air terjun Anda akan berpetualang mengendarai sepeda motor masyarakat lokal melewati perkebunan sawit dengan waktu tempuh sekitar 20 menit ke titik pemberhentian pertama di dalam hutan. Kemudian berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 20 menit sambil menikmati udara sejuk dan teduh terlindung oleh pepohonan menjulang tinggi.
Selama perjalanan Anda akan melewati kawasan hutan tropis kemudian menyeberangi anak sungai yang telah diberi jembatan dari batang pohon berukuran besar. Setelah melewati anak sungai Anda akan melihat pemandangan alam terbuka yang terlihat tiga bukit berdiri kokoh masing-masing bernama Bukit Maras, Bukit Bui dan Bukit Tambuntulang. Di area alam terbuka ini Anda bisa mengabadikan gambar atau berfoto yang terdapat gerbang kecil terbuat dari kayu dengan bertuliskan “Air Terjun Bukit Maras”.
Gerbang ini menandakan perjalanan ke lokasi air terjun semakin dekat, kemudian perjalanan memasuki hutan Bukit Maras selanjutnya ditempuh sekitar 15 menit juga melewati pepohonan rimbun nan hijau. Bebatuan sungai berukuran relatif besar dan kecil menjadi lintasan mengalir deras air sungai menuju ke hilir. Sambil istirahat sejenak bersantai di tepi sungai membasuh muka dengan dinginnya air yang jernih terasa segar sehingga membuat kaki tidak sabar agar segera melangkah untuk sampai ke lokasi air terjun.
Melewati perjalanan yang cukup melelahkan, Anda bisa sedikit berlama-lama menikmati pesona kesegaran air terjun yang memiliki tiga tingkatan dimana setiap tingkatan memiliki kolam berukuran berbeda yang sangat pas untuk bermain air dan mandi sehingga bermanfaat bagi tubuh terasa lebih sehat, lebih bugar serta dapat membuat pikiran lebih jernih untuk mengurangi stress dan konon menurut kepercayaan masyarakat setempat bagi Anda yang mandi di air terjun ini membuat wajah kelihatan semakin muda. Setelah puas mandi tentu perut akan terasa lapar, sangat pas untuk menyantap menu makanan khas tradisional masyarakat desa di tepi air terjun sehingga membuat pengalaman Anda semakin lengkap ketika berkunjung ke Pulau Bangka.
Selain mempersiapkan kondisi fisik untuk berpetualang menuju lokasi Air Terjun Bukit Maras, hal lain yang harus Anda persiapkan untuk liburan ke Bangka adalah budget atau keuangan yang cukup untuk dibawa selama perjalanan. Karena apa? Tentuya Anda tidak ingin melewatkan destinasi menarik lain dari pulau Bangka seperti pantai-pantai dengan permukaan air laut berwarna biru ditambah keunikan bebatuan granit raksasa, wisata kuliner terkenal seperti Mie Ayam Bangka, wisata religi terdapat beberapa vihara atau kuil tempat ibadah umat Tionghoa yang terletak di atas bukit dengan pemandangan pantai, dan juga wisata sejarah negara Indonesia yang berada di kota Muntok tempat pesanggrahan Presiden Pertama RI Soekarno di Bukit Menumbing dan Wisma Ranggam dan objek wisata lain yang masih banyak terdapat di Pulau Bangka penghasil timah dan lada terbaik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar