Minggu, 15 Mei 2016

Air TerjunSadap



41.  Air TerjunSadap
Tempatiniberada di DesaPerlang, masihalamidengansuasanaalam yang natural memangsenantiasamemanjakanmatadanjiwakita yang terkadanglelahdalammenjalanipekerjaan.
Dalamsuatukesempatan, ketikajalan-jalanketempatWisata Air Terjun di Pulau Bangka, tepatnyaberada di bawah kaki bukitPading di dusunSadapdesaPerlangKec. LubukBesarKabupaten Bangka Tengah. Air terjuninimemilikilebar 3 m danpanjangenam meter dengankemiringanjatuhnya air sekitar 45 derajatkedasarkolamdibawahnya.
Jalanmenujulokasimemangagakterpencildanmemakanwaktukuranglebih 30 s/d 40 menitdariDesaPerlangmenuju kaki bukitPading, yang memanjangpuluhan kilometer. Berjarak ± 7 km dari Kota Koba, ibukotakabupaten Bangka Tengah atau 75 km dariPangkal Pinang.  DapatditempuhdengankendaraanrodaduaatauempatdengankondisijalandariPangkal Pinang sudahberaspalbagushanyasetelahDesaPerlangbelokkananjalanmasuknyasekitar 3 km masihtanahmerah, sisanyasampaike Dusun Sadapsudahaspalmulus.
Teksturjalan yang masihalami, belumberaspaldanpemandanganhutandiselingibekas areal penambanganTimahmenjadikanperjalanantidakmenjemukan. JikaberangkatdarikotaPangkal Pinang perjalanandiarahkankekotaKobamelaluijalanrayaPenyak.  SelanjutnyaditeruskankearahDesaPerlang.  Setelahtiba di DesaPerlangperjalananditeruskandenganberjalan kaki sejauh 1,5 km menujulokasi air terjunberada.
Disepanjangperjalanan, matakitaakansenantiasadimanjakanpandanganbernuansahijaudanmenarik. Bahkandibeberapalokasibekas areal penambangan, banyakterdapatkolong / danau-danaukecildengan air yang jernihdandalam.
Kawasan Air Terjuntersebut, merupakansalahsatu ...tujuanwisataalternatif yang ramaidikunjungimasyarakat, terutama para mudamudi di Pulau Bangka. BahkantelahditetapkanPemerintahKabupaten Bangka Tengah sebagaisalahsatutujuanwisatadandimasukkandalampetawisatadaerah.
Air Terjunsadappadadasarnyamerupakan air yang mengalirdariketinggiankuranglebih 6-8 meter denganalur air bebatuan. Adapunsumber air tersebut, kononkatanya di puncakbukitterdapatdanaubesar yang terbentuksecaraalami.
Denganbanyaknyabebatuan yang melingkupi kaki bukittersebut, kianmenjadikankawasan Air Terjunitusemakinterasamenyejukkan. Apalagi air yang jernihsangatmenumbuhkanminatuntukmandi. Dan untuktempatbersantaijugabanyakditemukanbatu-batu yang berukuranbesardanberagambentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar