Minggu, 15 Mei 2016

Makam Raja Balok Belitung Timur



26. Makam Raja Balok Belitung Timur


Adalah Bang Junai yang membawa saya ke Makam Raja Balok Belitung Timur yang lokasinya berada di tengah kawasan hutan Desa Balok, Kecamatan Dendang, Belitung Timur. Rupanya ia sudah bisa membaca minat saya terhadap benda-benda cagar budaya serta peninggalan bersejarah, dan kebetulan pula dia pernah berkunjung ke Makam Raja Balok ini.

Namun lama tidak berkunjung, rumah dukun Makam Raja Balok Belitung Timur pun ia sudah lupa, dan harus bertanya beberapa kali. Maklum kebanyakan pengunjung meminta diantar ke pantai atau ke pulau, tidak ke tempat semacam ini. Sayangnya Dukun Makam Raja Balok sedang tidak ada di rumah, maka pergilah kami mencari sendiri lokasi makamnya.
Pada sebuah pertigaan di kanan jalan kami belok, dan berhenti. Saat Bang Junai bertanya arah, datang mendekat seorang pria yang menanyakan keperluan kami. Ia rupanya juru kunci Makam Raja Balok Belitung Timur bernama Kik (Mbah) Sakri. Setelah mengambil kunci dan buku tamu, kami meluncur bersama semobil. Arah yang kami ambil sudah benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar