Minggu, 15 Mei 2016

Mercusuar Pulau Pelepas



66. MercusuarPulauPelepas

MercusuarPulauPelepasdinamakanolehpemerintahkolonialBelandadenganMercusuar H.M. Koeningin Wilhelmina. Terdapatplakatbesiberangkatahun 1893 di ataspintumasuk, yang menunjukkantahunpemugaranmercusuar, yang merupakanpermintaanratu. Tidakadacatatanapakahrenovasiberkaitandengan tsunami danletusan Krakatau 10 tahunsebelumnya. Menarasuarterbuatdaribesiberlapistimahsebagai  galvanis anti karat.
Mercusuarinisesuainamanyaterletak di PulauPelepas, atauwargasetempatmenamakannyadenganPulauLampu. Untukmencapaimercusuar, harusmenujupelabuhanTanjungTedungsekitarkuranglebih 2,5 jam dariDesaSungaiselan. Dari PelabuhanTanjungTedung, Pulauinidapatdicapaidengan 30 menitperjalananmenggunakanperahunelayan. Sampaisekarang, mercusuarinimasihdifungsikandenganmemanfatkanlistriktenagasurya, dengansorotlampumencapai 16 mill atau 30 km. Ketinggianmercusuarsekitar 50 meter (Focal Point 66 meter) denganlingkunganpulau yang masihalami, pengunjungdapatmenikmatipemandangankearahSelat Bangka menikmatipemandanganpantaiputihdanlautkehijauan.
PemerintahKolonialBelandamembangunbanyakmercusuar di perairanSelat Bangka, yang menunjukkanbahwajalurpelayaran di Selatinisangatramai di masa lalu. Di Pulauiniterdapatmakambertuliskan HIER RUST NEVR: AM. GOLDMAN, OVERL: 15 APRIL 1894, yang merupakansalahseorangdaripenjagamercusuartersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar