Minggu, 15 Mei 2016

Makam Raja Buding Belitung Timur



30. Makam Raja Buding Belitung Timur

Adalah Pak Aris Bahar yang mengatakan bahwa ada Makam Raja Buding yang letaknya berada di dalam kebun yang dimilikinya. Hal itu dikatakannya saat kami hendak meninggalkan Museum Istiqomah Buding, dan ia bersedia mengantarkan kami ke sana. Maka berangkatlah kami bertiga ke Makam Raja Buding, yang sebenarnya tidak ada dalam rencana perjalanan saya.
Begitulah, beberapa saat sebelumnya gagal menemukan Makam Sekh Abubakar Abdullah di Gunung Tajam setelah dicari hampir 2 jam, tetapi malah ‘menemukan’ Makam Raja Buding yang jangan kan dicari, tahu pun tidak kalau makam itu ada.
Dari Museum Istiqomah Buding kami berkendaraan arah ke Utara lalu ke Timur, melewati Rumah Pak Aris (-2.70179, 107.99479), dan belok ke kanan pada GPS -2.70732,108.00702. Ada sebuah tugu bulat di sana. Kami memasuki kompleks perkebunan sawit, dan jika tidak bersama Pak Aris mungkin kami harus ijin dulu, dan sulit untuk menemukan dimana Makam Raja Buding berada.
Setelah berbelok ke kanan pada sebuah perempatan kecil, dan lalu ke kiri pada pertigaan, kami masuk ke dalam kebun pada GPS -2.73084,108.01584. Tidak ada petunjuk arah di sini, dan lahan ini nampaknya memang milik pribadi, sehingga satu-satunya cara datang ke sini ya harus bersama pemilik kebunnya.
Beberapa puluh langkah kemudian sampailah kami di sebuah tempat terbuka, dimana di tengahnya terdapat cungkup sangat sederhana yang disebut Pak Aris sebagai Makam Raja Buding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar